7 Penyebab Berat Badan Naik Secara Drastis, Dan Tips Mengatasinya

7 Penyebab Berat Badan Naik Secara Drastis,  Dan Tips Mengatasinya
Berat Badan Naik - Penyebab naiknya berat badan naik dapat dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti kurang melakukan rutinitas olahraga, terlalu banyak makan, malas Bangun Pagi dan lain sebagainya. Ada banyak sekali cara untuk menurunkan berat badan yang sangat ampuh dan manjur, akan tetapi itu juga tergantung dari niat dan komitmen sobat saat akan melakukan program diet.

Sebelum sobat melakukan kegiatan untuk menurunkan berat badan ada baiknya sobat analisa terlebih dahulu penyebab Berat Badan Naik, setelah sobat mengetahui penyebabnya apa, barulah sobat melakukan sebuah rutinitas program diet untuk menurunkan berat badan, sobat juga mungkin bosan dengan berat badan yang sobat alami, akan tetapi sobat tidak usah khawatir, pada artikel kali ini saya akan bahas tentang 7 Penyebab Berat Badan Naik Secara Drastis, Dan Tips Mengatasinya.

Berikut ini adalah 5 uraian yang dapat memicu Berat Badan Naik karena beriringan dengan nafsu makan yang juga naik, antara lain yaitu :

1. Makan Dengan Emosional Yang Tinggi

Nafsu makan bisa melonjak naik tidak terkontrol disebabkan karena emosi atau karena suasana hati yang sedang buruk. Emosi perasaan mempengaruhi tubuh untuk menyantap banyak makanan. Oleh karena itu, kendalikan emosi sobat, atau jika sobat sedang dalam keadaan emosi kendalikan diri agar tidak makan apapun untuk meredakan emosi. Sobat bisa melakukan relaksasi dengan menarik nafas dalam-dalam, keluarkan secara perlahan melalui mulut dan ulangi cara ini selama 5 menit, atau sobat bisa melakukan meditasi dan aktivitas lain seperti yoga.

2. Makan Dengan Teman Yang Banyak Makan

Nafsu makan sifatnya menular. Jika sobat makan dengan orang yang doyan makan dengan sangat lahap, secara sadar ataupun tidak sadar, maka secara otomatis rasa nafsu makan sobat juga ikut besar pula. Jadi usahakan saat sobat ingin makan, ajaklah teman yang tidak doyan makan agar tidak dapat merusak program diet yang sobat lakukan.

3. Makan Dengan Tempat Yang Besar

Ukuran tempat yang digunakan untuk makan juga mempengaruhi nafsu makan sobat. Semakin besar ukuran piring, mangkuk, gelas dan sendok maka akan makin banyak makanan yang sobat santap. Oleh sebab itu pilihlah perangkat makan dengan ukuran sedang sampai kecil untuk makan. Misalnya seperti menggunakan piring makan yang sedang dan cukup untuk nasi serta lauknya. Dengan begitu, hasrat sobat untuk makan banyak jadi lebih berkurang.

4. Terkena Depresi

Depresi dapat memicu Berat Badan Naik. Orang yang sedang depresi lebih mudah mengalami Berat Badan Naik secara drastis. jangan sampai sobat mengalami depresi yang parah atau jika sobat mengalami depresi, segeralah cek dokter, mintalah solusi atau arahan agar depresi tersebut tidak semakin parah. Usahakan jangan sampai sobat depresi karena dapat sangat berpengaruh dengan naiknya berat badan. Depresi seperti ini mungkin disebabkan karena sobat memiliki masalah yang tidak selesai-selesai, tidak ingin bercerita atau curhat dengan teman, ini juga berpengaruh ke aktivitas sobat seperti makan yang mengandung lemak tinggi, makanan yang mengandung tinggi kalori, atau makanan-makanan lainnya yang mungkin kurang sehat.

5. Makan Sambil Nonton

Nonton film sambil makan atau ngemil memang sangat asik. Tapi siapa yang dapat menyangka hal ini dapat menjadi pemicu Berat Badan Naik. dengan nonton sambil makan, maka tanpa sobat sadari aobat akan terus mengunyah dan sulit untuk berhenti makan.

6. Efek Samping Obat-obatan

Ada sangat banyak sekali obat yang dapat memicu Berat Badan Naik. Apabila sobat sedang konsumsi pil seperti  pil KB, penambah hormon, steroid, dll, obat untuk penyakit jantung dan beberapa obat-obatan lainnya maka ini bisa memicu naiknya berat badan sobat. Efek samping yang dimiliki oleh obat tersebut berbeda-beda, sebagian mungkin bisa menambah nafsu makan dan sebagian juga tidak. Jika sudah seperti itu, kurangilah konsumsi obat-obatan tersebut kemudian konsultasilah dengan dokter sobat.

7. Belanja Dengan Perut Kosong

Belanja memang sudah menjadi favorit kaum hawa. Dan pada kenyataannya, belanja memerlukan tenaga yang banyak. Jika sobat belanja dalam keadaan perut kosong, selanjutnya akan merangsang diri untuk makan terlalu banyak. Jadi jangan biasakan belanja dengan perut kosong. Isilah terlebih dahulu perut sobat saat akan pergi berbelanja untuk menghindari perut kosong.

Mungkin hanya itulah beberapa tipsnya tentang 7 Penyebab Berat Badan Naik Secara Drastis, Dan Tips Mengatasinya, semoga berguna dan bermanfaat.

Share this

Related Posts

First