Lakukan Panduan Diet Asam Urat ini Dengan Rutin Untuk Mencegah Penyakit Asam Urat

Panduan Diet Asam Urat, Cara Mencegah Asam Urat


Diet Asam Urat - Secara tiba-tiba sobat telah mengalami sakit yang mengganggu pada sendi, terutama pada sendi jari kaki (jempol kaki) yang juga membengkak dan kemerahan. kalau sobat pernah  merasakan sakit yang seperti itu, bisa jadi itu gejala asam urat, penyakit ini merupakan penyakit yang menyerang radang pada sendi yang diakibatkan  oleh pengkristalan  natrium urat pada bagian dalam maupun daerah sekitar sendi. Penyakit asam urat adah salah satu bagian dari dua ratus lebih bentuk penyakit radang sendi yang berbeda-beda.

Biasanya gejala rasa sakit yang datang dengan tiba-tiba, akan berlangsung selama tiga sampai sepuluh hari, dengan rasa sakit yang dirasakan selama enam sampai dua puluh empat jam pertama serangan asam urat akan memulai aksinya. Setelah tiga hingga sepuluh hari, biasanya rasa sakit pada sendi akan hilang  dan sendi akan terlihat seperti sedia kala tanpa ada gejala pembengkakan. sepertinya ini terlihat sembuh, tapi kadang kadang radang sendi ini dapat kambuh lagi dan lagi.

Langkah dalam pengendalian kadar asam urat salah satunya dilakukan dengan mengatur pola makan sehari-hari, yaitu dengan diet asam urat, asupan purin dalam tubuh yang selanjutnya menghasilkan asam urat, penyebabnya adalah dikarenakan kebanyakkan makanan yang dikonsumsi. Dengan mengatur pola makan, maka resiko naiknya kadar asam urat karena makanan dapat ditekan dan diminimalkan.

Diet Asam Urat sendiri merupakan sebuah langkah pengobatan sekaligus pencegahan. Dengan memiliki kadar asam urat yang normal, orang sehat maupun penderita asam urat sama-sama akan mendapatkan manfaat. Untuk orang yang sehat, ini akan menjadi sebuah langkah pencegahan, sedangkan untuk penderita asam urat itu sendiri akan mendapatkan manfaat dari kadar asam uratnya yang sudah kembali normal.

Panduan Diet Asam Urat

> Memilih Makanan Menurut Kadar Purin

Aturan pertama dalam diet asam urat adalah mengontrol terhadap asupan purin. Kita tidak mungkin untuk menghilangkan asupan purin dari dalam tubuh, karena hampir semua bahan makanan mengandung purin. Yang perlu dilakukan bukan menghilangkan purin akan tetapi mengendalikan konsumsinya. Golongan purin A masuk dalam ketegori tinggi, golongan purin B masuk kedalam kategori sedang, dan golongan purin C masuk kedalam golongan rendah. 

Makanan golongan A adalah makanan yang wajib dihindari, makanan golongan B adalah makanan yang perlu dibatasi dalam mengkonsumsi, maksudnya adalah, boleh dikonsumsi akan tetapi jangan berlebihan dalam konsumsinya, dan makan golongan C adalah makanan yang relatif paling aman dikonsumsi. Diet asam urat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan dengan rendah purin.

> Asupan Rendah Protein

Asam urat adalah turunan purin, sedangkan purin diproses dari protein. Maka makanan dengan mengandung protein yang tinggi dapat menyebabkan asam urat. Protein yang terutama berasal dari hewan sangat cepat meningkatkan kadar asam urat dalam darah. maka dari itu dalam pengaturan pola makan, diet asam urat menganjurkan untuk memilih sumber makanan yang memiliki kandungan protein yang rendah daripada makanan dengan kandungan protein tinggi. Sumber protein yang disarankan adalah protein nabati yang berasal dari susu, keju dan telur.

> Asupan Rendah Lemak

Selain protein, konsumsi lemak juga dibatasi dalam diet asam urat yaitu mengkonsusi makanan rendah lemak. Lemak memiliki dampak negatif terhadap asam urat, yaitu dapat menghambat pembuangan asam urat melalui urin. Semakin banyak konsumsi lemak maka gangguan pembuangan juga semakin besar.

> Konsumsi Buah Dan Sayur Untuk Kecukupan Nutrisi

Diet asam urat sangat menganjurkan untuk mengkonsumsi buah dan sayur, karena kedua sumber makanan ini menyediakan nutrisi vitamin dan mineral yang menunjang kerja organ-organnya. Kebutuhan tubuh akan vitamin dan mineral memang sedikit, tapi kebutuhan tersebut wajib dan harus dipenuhi. Kekurangan nutrisi yang dibutuhkan akan membuat tubuh kehilangan keseimbangan yang pada akhirnya akan menimbulkan gangguan kesehatan.

Semakin banyak jenis buah atau sayuran yang dikonsumsi maka akan semakin banyak vitamin yang masuk kedalam tubuh. Manfaat mengkonsumsi buah dan sayuran adalah karena dapat menurunkan tingkat keasaman dalam darah. Penurunan tingkat asam dapat membantu mengeliminasi asam urat dari dalam darah. Selain itu, kandungan serat yang dimiliki oleh sayuran dan buah-buahan dapat membantu menurunkan penyerapan purin dalam saluran pencernaan sehingga turut serta dalam mencegah kenaikan asam urat dalam darah.

Itulah sedikit banyaknya ulasan yang saya bahas pada postingan kali ini, intinya sobat harus menjaga kesehatan dengan baik dan benar, lakukanlah akitivitas olahraga untuk menunjang kebugaran jasmani. Hidup sehat itu mahal sob, lebih baik mencegah dari pada mengobati, jadi usahakan sebisa mungkin menjaga kesehatan itu lebih penting dan yang paling utama ya sobat.

Baca juga : Tips Seputar Olahraga 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »