Seperti Apa Diet Yang Baik itu ? Dan Mengapa Harus Diet ? Ini Alasannya!!!

Mengapa Harus Diet

Mengapa kita harus melakukan diet ? apakah diet itu sangat diperlukan bagi kehidupan kita? atau secara lebih spesifik, bagi kesehatan kita? dan jawaban yang paling tepat adalah "perlu", bahkan sangat sangat perlu. Apalagi deawasa ini, di era modern ini, yang makin sulit untuk mendapatkan lingkungan dan makanan yang benar-benar sehat serta bebas dari kuman dan polusi, juga bebas bahan kimia, baik yang berupa bahan pewarna, pengawet, maupun aneka penambah atau penguat rasa.

Kita semua tentu ingin tampil sehat, energik, dan positif. Akan tetapi, tidak dapat dipungkiri bahwa masyarakat perkotaan dimana kita tinggal mempersulit untuk dapat hidup sehat secara alami dan bisa mengkonsumsi makanan sehat yang seharusnya diasup oleh tubuh kita. Padahal gaya hidup yang aktif dan makanan yang rendah kalori dan bernutrisi tinggi dapat mencegah datangnya serangan aneka macam penyakit, memperpanjang rentang usia serta meningkatkan kualitas hidup.

Itulah sebabnya belakangan ini banyak produk wellness(semacam nutriShake yang diproduksi oleh oriflame) yang ditawarkan ke pasaran untuk membantu masyarakat modern meraih keseimbangan nutrisi melalui komposisi makanan yang sesuai dan optimal.

Sebab tidaklah mungkin untuk menghindar dari situasi dan kondisi yang demikian itu, kita sendirilah yang harus pintar-pintar mengatur atau menjaga asupan makanan ke tubuh kita, disisi lain kita juga harus teliti dalam menentukan lokasi tempat tinggal ataupun lokasi tempat kita banyak melakukan aktivitas. Memang harus seperti tiu, harus diri kita sendiri yang punya inisiatif untuk menjaga kesehatan tubuh, bukan menyalahkan keadaan yang sudah apa adanya seperti itu. Sekali lagi, karena lingkungan tempat kita hidup memang sudah rusak dan bahan pangan nonorganik makin merajalela, diri kita sendirilah yang di tuntut untuk mengelola menu harian sedemikian rupa hingga tubuh senantiasa sehat buga ideal.

Tidak diragukan lagi, diet memang merupakan solusi yang tepat. mengapa diet merupakan solusinya? lagi-lagi pertanyaan ini kembali yang saya tanyakan? mengapa harus diet ? jika tubuh kita sudah kurus dan langsing, apakah harus melakukan diet juga?

Apa boleh buat, diet sering kali dipahami sebagai pengurangan jatah makan secara drastis dari biasanya. Tidak dapat di pungkiri, pada umumnya diet dipahami hanya untuk tujuan menurunkan berat badan. Maka tidak mengherankan kalau kalangan wanitalah yang biasanya paling akrab dengan kata "diet" tersebut. Maklum saja, para wanita biasanya memang paling perhatian dengan kondisi penampilan mereka. Berat badan naik sedikit saja bisa sampai tujuh hari tujuh malam akan kehebohan dan kegalauannya. Padahal sesungguhnya, makna kata diet bukanlah sesempit itu, diet harusnya dipahami arti yang lebih luas, yang tidak sekedar bertujuan untuk menurunkan berat badan.

Kalau sudah demikian, apakah sebenarnya yang dimaksud dengan diet ? Diet adalah makanan dan minuman tertentu yang dikonsumsi orang secara teratur setiap hari. Diet dapat juga berarti jumlah dan jenis makanan yang dibutuhkan dalam situasi tertentu, seperti menurunkan berat badan atau menaikkan berat badan atau memperhatikan menu harian agar seimbang gizinya/nutrisinya sehingga kesehatan dan bobot tubuh senantiasa terjaga. Hal penting yang harus dicatat : apapun pilihan diet yang kita lakukan, idealnya, filosofinya adalah yang harus alami. Makanan sehat, organik, dan aktivitas yang cukup, tanpa sedikitpun dibantu oleh obat-obatan kimiawi.

Diet yang dilakukan sangat tergantung pada usia, berat badan, kondisi kesehatan, suasana, dan banyaknya kegiatan yang dilakukan dalam keseharian. Sementara dalam menentukan jenis makanan yang akan dikonsumsi sebagai menu diet, akan sangat dipengaruhi oleh kondisi keuangan, kesehatan, dan nutrisi utuk orang yang melakukan diet tersebut. Di titik ini diet terbukti bukan hanya terkait dengan kesehatan dan kebugaran badan belaka, melainkan terkait pula dengan situasi sosial-ekonomi sekarang.

Bahkan, latar belakang budaya pun bisa terkait dengan diet. Jenis diet juga sangat dipengaruhi oleh latar belakang asal individu atau keyakinan orang yang dianut oleh masyarakat tertentu. Walaupun pada dasarnya orang adalah omnivora, suatu kelompok manusia biasanya memiliki preferensi atau pantangan terhadap beberapa jenis makanan. Inilah yang dimaksud diet pun terkait dengan latar belakang budaya tertentu.

Berbeda dalam penyebutan dibeberapa negara, dalam bahasa Indonesia kata diet tampaknya memang mengalami penyempitan makna, menjadi lebih spesifik maknanya. Demikianlah bagi masyarakat Indonesia, kata diet lebih sering ditujukan untuk menyebut suatu upaya menurunkan berat badan atau mengatur asupan nutrisi tertentu.

Sementara dalam perkembangannya, diet dalam konteks upaya mengatur asupan nutrisi dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu sebagai berikut.

> Diet untuk menurunkan berat badan. misalnya bagi para model atau aktris yang ingin menjaga penampilannya.
> Diet untuk meningkatkan berat badan. msalnya bagi para olahragawan atau atlet binaraga yang ingin meningkatkan massa otot.
> Diet sebab pantang terhadap suatu jenis makanan tertentu. misalnya bagi penderita diabetes harus diet rendah karbohidrat dan gula.

Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »