Lakukan Panduan Diet Diabetes ini Secara Rutin Untuk Mencegah Penyakit Diabetes

Panduan Diet Diabetes, Mencegah Penyakit Diabetes
Diet Diabetes - Mencegah penyakit diabetes amat sangat dipentingkan, mengingat jenis penyakit ini belum dapat disembuhkan dan pembiaran penyakit penyakit berdampak timbulnya komplikasi penyakit baru. Perawatan diabetes yang telah terbukti efektif adalah kontrol pola makan dan membuat gaya hidup menjadi sehat. Pengaturan pola makan atau yang biasa dikatakan dengan program diet berfungsi untuk menjaga apa yang dikonsumsi penderita penyakit diabetes. Hal ini pada gilirannya dapat menjaga kadar gula darah dalam kondisi normal dan terkendali.

Secara garis besar tujuan utama diet diabetes adalah sebagai berikut :
> Mencapai dan mempertahankan kadar gula dalam darah menjadi normal atau setidaknya mendekati normal.
> Mendapatkan berat badan yang stabil.
> Mencegah munculnya komplikasi diabetes.
> Meningkatkan kualitas hidup diabetesi.

Panduan Diet Diabetes

Dalam diet diabetes ada beberapa ketentuan atau prinsip-prinsip yang harus dipenuhi, yaitu kepatuhan dan kedisiplinan adalah menjadi kunci keberhasilan sebuah program diet untuk mengendalikan kada gula darah. Berikut ini akan saya beri beberapa prinsip dalam diet diabetes yang nantinya akan sobat lakukan.

> Disiplin Pada Jadwal Makan

Pada penderita diabetes, hal yang paling umum terjadi adalah munculnya rasa lapar yang berlebihan. Akibat dari kondisi ini, mengakibatkan penderita diabetes mengakibatkan makan dengan banyak atau berlebihan. Padahal hal ini sangat tidak direkomendasikan untuk para penderita diabetes. Makan dengan berlebihan dapat memicu naiknya kadar gula dalam darah, apalagi bila jenis makanan yang dikonsumsi mengandung zat-zat makanan yang berpengaruh pada naiknya gula dalam darah akan meningkat lebih tinggi.

Pada mulanya, penderita penyakit diabetes tetap diperbolehkan makan seperti orang normal yang sehat, hanya saja karena beberapa aturan yang di ikuti dengan baik. Aturan yang dimaksud, biasa disebut dengan 3J, yaitu Jadwal, Jumlah, dan Jenis makanan yang dimakan.

Jadwal makan memberikan petunjuk keteraturan dalam mengkonsumsi makanan. Hal ini sangat penting, penderita penyakit diabetes harus memiliki jadwal makan yang teratur. Jadwal makan penderita penyakit diabetes yang dianjurkan adalah sebanyak 6 kali dalam satu hari, yaitu tiga kali makan utama dan tiga kali makan selingan diantara makan utama. Adapun contoh jadwalnya adalah sebagai berikut.

> Jam 05:30-07:00 ~> Sarapan Pagi
> Jam 09:00-10:00 ~> Makan Selingan
> Jam 14:00-14:00 ~> Makan Siang
> Jam 15:00-16:00 ~> Makan Selingan
> Jam 18:00-19:00 ~> Makan Malam
> Jam 21:00           ~> Makan Selingan

Yang perlu diperhatikan oleh penderita penyakit diabetes adalah jadwal makan yang senantiasa diusahakan tepat waktu, karena jika telat makan akan dapat menimbulkan kondisi rendahnya kadar gula dalam darah, dengan gejala seperti pusing, mual, dan bahkan pingsan, apabila hal ini terjadi segeralah minum asupan gula.

> Memperhatikan Jumlah Makan

Sesudah jadwal makan, aturan program diet selanjutnya untuk penderita penyakit diabetes adalah memperhatikan jumlah makan yang dikonsumsi. Jumlah makanan atau kalori yang dianjurkan untuk penderita penyakit diabetes adalah makan lebih sering dengan porsi sedikit. Tidak dianjurkan untuk penderita penyakit diabetes makan dengan porsi yang banyak sekaligus. Tujuan cara makan seperti ini agar banyaknya kalori terus merata sepanjang hari, sehingga beban kerja organ-organ tubuh tidak berat, terutama pada organ pankreas. Cara makan yang berlebihan tidak akan menguntungkan untuk fungsi pankreas. Asupan makanan yang berlebihan merangsang pankreas akan bekerja lebih baik.

> Memilih Jenis Makanan Yang Dikonsumsi

Setelah jadwal dan jumlah, aturan selanjutnya pada diet diabetes adalah pemilihan jenis makanan. Pemilihan jenis makanan untuk penderita penyakit diabetes adalah sebagai berikut :
> Memilih makanan yang mengandung karbohidrat kompleks dari pada karbohidrat sederhana.
> Mengendalikan asupan protein dan memilih nabati.
> Memilih makanan yang rendah lemak.
> Memilih asupan makanan dengan indeks glikemik rendah

> Pengendalian Asupan Gula

Gula dan produk lain dari gula sebaiknya dikendalikan asupannya. Penggunaan dalam bumbu masih diperbolehkan sehingga penderita penyakit diabetes masih bisa menikmati makanan keluarga. Penderita penyakit diabetes bisa menggunakan gula alternatif untuk pemanis minuman atau makanan seperti gula mapel(gula yang dibuat dari getah mapel), gula diabet, madu diabet, dan gula merah diabet. Tujuan yang perlu dicapai oleh penderita penyakit diabetes adalah menghindari sebanyak mungkin gula murni dan jajanan manis serta konsumsi makanan yang lebih banyak mengandung karbohidrat kompleks, serat dan gula yang ada secara alami. Gula juga bisa jadi racun jika melebihi 8 sendok dalam satu hari. Makin sederhana struktur gulanya, makan akan semakin mudah diserap oleh tubuh sehingga lebih cepat menaikkan kadar gula dalam darah.

> Mengubah Gaya Hidup Tidak Sehat Yang Menjadi Faktor Diabetes

Gaya hidup sangat pengaruhnya terhadap timbulnya penyakit diabetes. Oleh karena itu, penderita penyakit diabetes dianjurkan untuk merubah gaya hidup tidak sehat menjadi gaya hidup yang lebih sehat, diantaranya dengan menghilangkan kebiasaan-kebiasaan buruk seperti merokok, alkohol, begadang, dan masih banyak lagi gaya hidup yang kurang baik.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »