Waktu Yang Baik Untuk Melakukan Olahraga

Olahraga - Semua orang diseluruh dunia juga tahu olahraga, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, orang tua, laki-laki dan perempuan. Olahraga sangat penting untuk kebugaran tubuh. Lakukanlah olahraga minimal 3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Olahraga juga tidak sulit dilakukan, hanya tinggal menggerakkan badan, tangan, kaki, berlari, jalan cepat, itu semua sudah dikatakan olahraga.


Dalam melakukan olahraga sobat juga harus memperhatikan waktu yang tepat untuk melakukan olahraga. Waktu yang tepat menurut saya adalah pada saat pagi hari ataupun sore hari, karena pada jam itulah tubuh bisa menyesuaikan suasana alam, jika sobat berolahraga saat siang hari, maka itu sangat tidak dianjurkan karena dapat merusak kulit dengan panas matahari yang tidak stabil yang dapat merusak kesehatan sobat, mulai lah berolahraga antara pukul 05.00-10.00 pagi, jika sore hari antara pukul 16.00-18.00 sore.

Waktu Yang Baik Untuk Melakukan Olahraga
Pada prinsipnya, tidak ada waktu tertentu dalam melakukan olahraga. Manfaat olahraga akan terasa jika dilakukan secara rutin dan teratur. Namun, meskipun begitu, ada banyak juga dari sobat yang mengetahui waktu-aktu yang dianjurkan, seperti yang sudah saya katakan sebelumnya. Sehubungan dengan tujuan olahraga, berikut saya beri penejelasan tentang waktu yang baik untuk melakukan olahraga :

1. Waktu Pagi Hari

Waktu pagi hari memberikan banyak manfaat dalam berolahraga. Di waktu pagi hari hari sobat akan bersemangat dalam melakukan olahraga, udara pagi juga masih sangat segar sehingga sangat untuk cocok untuk rutinitas olahraga diluar ruangan. Banyak sekali manfaat yang didapat jika sobat melakukan olahraga di waktu pagi hari, jadi usahakan untuk bangun pagi lebih awal agar dapat melakukan olahraga pada waktu yang sangat banyak manfaat ini.

2. Waktu siang Hari

Olahraga pada waktu siang hari sebaiknya dilakukan secara ringan, tidak perlu untuk mengeluarkan keringat yang terlalu banyak. Berolahraga pada waktu siang hari bertujuan untuk merefresh tubuh setelah setengah hari beraktivitas. Sobat harus ingat, jika melakukan olahraga disiang hari, jangan melakukannya pada jam-jam yang sangat terik matahari, seperti yang sudah katakan pada paragraf sebelumnya. Lakukanlah sekitaran jam 14.00 ataupun jam 15.00.

3. Waktu Malam Hari

Waktu malam ini, bukan berarti sobat harus melakukan olahraga pada waktu malam hari, lakukanlah pada waktu sore hari, yaitu 4 jam sebelum sobat tidur malam, hal ini bertujuan untuk menghindari sobat tidur terlalu malam. Jika sobat melakukan olahraga pada waktu sore hari, pasti sobat akan merasakan badan terasa ingin berbaring saja, dan dari situlah manfaat olahraga pada waktu sore hari yang bertujuan untuk menjaga sobat dari Insomnia.

Tips Berolahraga Dipagi Hari

1. Sesudah bangun pagi, sebelum melakukan olahraga minumlah 2-3 gelas air putih.
2. Lakukan olahraga lebih pagi, saat udara masih sejuk dan tentu sangat sehat untuk paru-paru sobat.
3. Lakukan pemanasan dengan melakukan gerakan peregangan atau lari-lari kecil ditempat. Pemanasan bertujuan untuk mempersiapkan jantung dan otot bergerak dengan intensitas lebih tinggi.
4. Setelah pemanasan, lakukan latihan inti pilihan sobat, misalnya jogging, jalan cepat, renang, bersepeda atau olahraga lainnya.
5. Lakukan pendinginan setelah sobat selesai berolahraga. Pendinginan dilakukan dengan membuat gerakan-gerakan peregangan ringan. Pendinginan bertujuan untuk mengembalikan kondisi tubuh ke kondisi semula seperti sebelum berolahraga.
6. Saat matahari pagi sudah terbit, berjemurlah untuk mendapatkan manfaat vitamin D.

Oke.. Itulah beberapa ulasan singkat namun bermanfaat untuk tubuh, sekian dulu pembahasan tentang Waktu Yang Baik Untuk Melakukan Olahraga, semoga bermanfaat untukmu sobat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »