Gaya Hidup Sobat Kurang Sehat!! Lakukan Tips Seputar Olahraga ini Untuk Menunjang Kebugaran Jasmani

Tips Seputar Olahraga

Terdapat dua tips seputar olahraga yang sobat ketahui dan harus sobat lakukan, diantaranya adalah :

1. Berolahragalah Dengan Waktu Yang Terjadwal

Olahraga sebaiknya tidak dilakukan berdasarkan waktu luang, akan tetapi harus di jadwalkan dengan waktu khusus, walaupun itu hanya 20 menit setiap harinya. Jika sobat ingin lebih serius berolahraga dan meluangkan waktu lebih banyak serta sering, maka usahakan seminggu minimal 3 kali berolahraga selama 1 jam. Jika sobat sudah terbiasa, sobat lakukan setiap dengan intensitas pelan sampai sedang, yang penting jangan terlalu memberatkan sobat dalam melakukan aktivitas olahraga.

2. Porsi Maksimal Olahraga Adalah Selama 1 Jam

Baik pagi, siang, dan sore atau malam, olahraga tidak boleh dilakukan lebih dari satu jam, apalagi jika sobat bukan seorang atlit atau seseorang yang rutin berolahraga. Tubuh memiliki batasnya. Bila digambarkan maka tubuh itu seperti gunung. Ada saat naik, tapi pada batas tertentu kemampuan tubuh akan menurun, karena pada dasarnya otot tidak bisa dipaksa.

Tips Olahraga Untuk Anak Obesitas

Hampir bisa dipastikan, orang yang kelebihan berat badan atau obesitas tidak menyukai aktivitas fisik seperti olahraga. Begitu juga dengan anak-anak obesitas, mereka justru cenderung tidak suka bergerak apalagi melakukan olahraga. Untuk mengatasi hal ini, orang tua bisa melakukan tips-tips berikut :

1. Yang pertama yang perlu dilakukan adalah membangun kepercayaan diri pada anak. Sebuah studi menunjukkan bahwa anak yang percaya diri lebih mungkin untuk berolahraga, dan sebaliknya bagi anak yang tidak memiliki percaya diri cenderung tidak menyukai olahraga. Tingkatkan kepercayaan diri anak dengan memulai membuat latihan yang mudah dikuasai untuk anak-anak, misalnya jalan cepat dan jogging. 
2.  Lakukan secara bertahap. Mulailah dengan hanya 5 sampai 10 menit berolahraga. Bisa juga melakukan olahraga yang dimodifikasi sedemikian rupa seperti sedang bermain. 
3. Ikutlah aktif bersama mereka. Ini adalah salah satu cara terbaik untuk membantu anak dalam melakukan olahraga, dan sobat juga harus aktif bersama anak sobat, agar semangat mereka dalam melakukan rutinitas olahraga lebih besar. 
4. Libatkan anggota keluarga yang lain untuk memompa motivasi semangat mereka. Berolahraga lebih giat serta menyenangkan bagi mereka. 
5. Lakukanlah tips diatas secara rutin dan sabar. Ada saatnya anak terlalu malas atau tidak mau untuk melakukan latihan. Jangan buru-buru untuk memarahinya, sikapi dengan sabar dan telaten. Jika pada hari ini dia tidak mau berolahraga, pastikan sobat mendapat komitmen darinya, agar esok mau melakukan olahraga.

Itulah ulasan tentang Tips Seputar Olahraga, semoga bermanfaat sobat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »