Informasi Seputar Diet Sehat Alami

Informasi Seputar Diet Sehat Alami
Ada banyak sekali informasi seputar diet sehat alami. Adapun informasi-informasi tersebut dapat menjadi petunjuk bagi sobat yang ingin melakukan sebuah program diet. Berikut simak urainnya :

Menjaga Berat Badan Bermanfaat Sebagai Pencegahan Berbagai Penyakit.

Obesitas adalah kondisi dimana seseorang memiliki berat badan yang berlebihan, melewati batas normal seseorang dikatakan ideal. Dalam hal kesehatan, kondisi obesitas berdampak buruk pada berbagai penyakit, dari penyakit yang ringan hingga yang berat. Dengan menjaga berat badan berada pada kisaran normal atau ideal berarti sobat telah melakukan pencegahan terhadap terserangnya ragam penyakit yang menjadi komplikasi obesitas. Manfaat tersebut anatara lain :

1. Berat Badan Yang Terjaga Menghindarkan Resiko Hipertensi

Kelebihan berat badan dapat meningkatkan kesempatan seseorang untuk mengembangkan hipertensi. Seseorang dikatakan memiliki hipertensi jika tingkat tekanan darahnya lebih dari 140/90 mmHg. peningkatan tensi tegangan darah seseorang tergantung pada resistensi pembuluh darah sistemik dan curah jantungnya.

Kelebihan berat badan dapat berpengaruh terhadap resistensi pembuluh darah sistemik atau perifer. Ketika sobat kelebihan berat badan, resistensi pembuluh darah sistemik akan meningkat dan menyebabkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Secara umum orang yang hipertensi terlihat sehat dan sebagian besar tidak menimbulkan gejala. Akan tetapi sebagian orang dapat mengalami pertanda awal darah tinggi seperti sakit kepala, mimsan, kepala pusing, wajah kemerahan dan kelelahan.

Hipertensi sendiri dapat meningkatkan resiko berbagai penyakit seperti stroke, penyakit jantung, gangguan penglihatan, disfungsi ereksi dan gagal ginjal. Orang dengan hipertensi dapat memperkecil resiko tersebut dengan menurunkan berat badan.

2. Berat Badan Ideal Menurunkan Resiko Asam Urat

Penyakit asam urat adalah penyakit sendi yang diakibatkan oleh tingginya asam urat didalam darah. Kadar asam urat yang tinggi didalam darah, yaitu melebihi ambang normalnya, menyebabkan terjadinya penumpukkan asam urat didalam persendian dan organ tubuh lainnya. Penumpukkan asam urat didalam persendian inilah yang membuat sendi sakit, nyeri dan terjadi peradangan. Pada kasus yang parah, penderita penyakit ini sampai tidak bisa berjalan karena sendi terasa lebih sakit jika bergerak, mengalami kerusakan padak sendi dan diakhiri dengan cacat.

Berat badan naik menjadi salah satu faktor penyebab resiko penyakit asam urat. Setengah dari penderita asam urat adalah orang yang memiliki kelebihan berat badan. Menurut dari sebuah hasil penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengalami obesitas mempunyai kecendrungan lebih tinggi terkena penyakit asam urat. Meskipun tidak selalu, tetapi banyak bukti yang menunjukkan bahwa orang yang memiliki kelebihan berat badan pada umumnya mengkonsumsi protein yang berlebihan.

Kita tahu bahwa protein pada umumnya mengandung purin yang banyak sehingga menyebabkan kadar asam urat yang meninggi. Data-data penelitian menunjukkan bahwa penyakit asam urat lebih banyak didapatkan pada seseorang yang memiliki berat badan berlebih dan kadar kolesterol darahnya tinggi dibandingkan dengan orang yang tidak memiliki kelaianan tersebut.

3. Berat Badan Ideal Menurunkan Resiko Diabetes

Penyakit diabetes atau yang sering disebut dengan kencing manis, adalah penyakit yang disebabkan oleh kelainan yang berhubungan dengan hormon insulin. Kelainan yang dimaksud adalah jumlah produksi hormon insulin yang rendah karena ketidakmampuan dari organ pankreas memproduksinya atau sel tubuh tidak dapat memnggunakan insulin yang telah dihasilkan organ pankreas dengan baik. Dampak dari kelainan ini, maka kadar gula didalam darah yang tinggi terus-menerus akan meracuni tubuh termasuk organ-organnya.

Kelebihan berat badan meningkatkan resiko diabetes lebih besar dari faktor resiko lainnya. Sebuah penelitian di Amerika yang melibatkan responden menunjukkan hasil bahwa orang dengan indeks massa tubuh lebih dari 27 mempunyai resiko berkali-kali lipat terserang diabetes dibanding dengan orang yang indeks massa tubuh normal. Semakin besar massa indeks tubuh maka semakin besar resiko menderita diabetes. Nilai diatas 27 adalah kriteria untuk kelebihan berat badan.

Bagaimana kelebihan berat badan bisa meningkatkan diabetes ?. Kelebihan berat badan pada diabetes berkaitan dengan terjadinya resistensi insulin. Artinya, kelebihan berat badan dapat menyebabkan terjadinya keadaan resistensi insulin, yang mana keadaan resistensi insulin merupakan penyebab utama terjadinya diabetes.

Saya kira cukup sekian untuk postingan kali ini tentang Informasi Seputar Diet Sehat Alami. Sebagai kesimpulannya adalah berusahalah sebisa mungkin untuk menghindari dari resiko penyakit diatas dengan cara menghindari apa yang dapat menyebabkan terjadinya resiko penyakit, sering-seringlah melakukan rutinitas olahraga.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »